Makalah IBD ” Kontribusi Universitas Gunadarma dalam Membentuk Perilaku Berbudaya”

 

cover makalah ibd

 

 

Mata Kuliah  :  Ilmu Budaya Dasar

Dosen : Muhammad Burhan Amin

Topik Makalah

Kontribusi Universitas Gunadarma Membentuk Perilaku Berbudaya

Kelas  :  1-IA21

Tanggal Penyerahan Makalah : 19 Maret 2013

Tanggal Upload Makalah  :  20 Maret 2013

P E R N Y A T A A N

Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

 

Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

P e n y u s u n

N P M

Nama Lengkap

Tanda Tangan

54412444

Marisa Siluana Kasih M.

 

 

Program Sarjana Teknik Informatika

UNIVERSITAS GUNADARMA

ii

KATA PENGANTAR

        Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmatnya kami masih diberikan kesempatan untuk menyelesaikan tugas makalah Ilmu Budaya Dasar  yang berjudul “ Kontribusi Universitas Gunadarma Membentuk Perilaku Berbudaya” ini tepat pada waktu yang sudah ditentukan.

            Pada kesempatan kali ini, penulis akan mencoba menjelaskan bagaimana peran serta dari Universitas Gunadarma dalam pembentukan nilai  kebudayaan pada mahasiswa, serta peran serta mahasiswa Universitas Gunadarma itu sendiri dalam membentuk nilai kebudayaan pada lingkungan sekitarnya. Dengan begitu diharapkan budaya Indonesia dapat lebih dikenal mulai dari bangsa Indonesia itu sendiri dan akan dipandang lebih oleh bangsa luar.

            Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran pembaca demi menyempurnakan makalah ini, karena tidak ada manusia yang sempurna. Mohon maaf jika ada kata- kata yang kurang berkenan dihati pembaca. Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih telah membaca, semoga makalah ini dapat berguna bagi pembaca sekalian.

Bekasi, 18 Maret 2013

Penulis

iii

DAFTAR ISI

COVER ……………………………………………………………………………………………………………… i

PERNYATAAN………………………………………………………………………………………………….. ii

KATA PENGANTAR………………………………………………………………………………………….. iii

DAFTAR ISI………………………………………………………………………………………………………. iv

BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………………………………………… 1

1.1  Latar belakang……………………………………………………………………………………………… 1

1.2  Tujuan…………………………………………………………………………………………………………. 1

1.3  Sasaran……………………………………………………………………………………………………….. 2

BAB II PERMASALAHAN…………………………………………………………………………………. 3

2.1  Kekuatan (Strenght)……………………………………………………………………………………. 3

2.2  Kelemahan (Weakness)……………………………………………………………………………….. 4

2.3  Peluang (Opportunity)………………………………………………………………………………… 5

2.4  Tantangan/Hambatan (Threats)…………………………………………………………………. 5

BAB III KESIMPULAN DAN REKOMENDASI……………………………………………………. 7

            3.1 Kesimpulan………………………………………………………………………………………. 7

            3.2 Rekomendasi……………………………………………………………………………………. 7

REFERENSI …………………………………………………………………………………………………… 8

 

 

 

 

iv

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

            Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat luas, yang mana memiliki banyak sekali rakyat di dalamnya yang berasal dari bermacam- macam suku yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan begitu Indonesia memiliki beragam budaya dari masing-masing daerah.

            Dari sekian banyak tempat dan daerah serta kebudayaan yang ada di dalamnya, bahkan masih banyak suku dan kebudayaannya yang belum tersentuh oleh dunia luar, bahkan pemerintah. Tetapi di samping kekayaan yang dimiliki Indonesia, bangsa kita malah lebih tertarik oleh budaya luar yang masuk melalui berbagai macam media komunikasi. Hal ini sangat memprihatinkan. Di saat bangsa lain tertarik oleh kekayaan budaya kita, bangsa kita malah lebih tertarik oleh budaya luar.

            Oleh karena itu, bangsa ini perlu diberikan pendidikan yang lebih lagi tentang kebudayaan bangsa sendiri. Mulai dari kecil, hingga sampai pada tingkat pendidikan tertinggi, yaitu universitas. Karena hari-hari ini banyak sekali sekolah bertaraf internasional di Indonesia yang kebanyakan melupakan jati diri dari bangsa Indonesia yang sesungguhnya. Namun, kita tidak sadar, bahkan tidak peduli. Kebanyakan orang menilai hal itu adalah hal yang luar biasa ‘keren’. Tetapi tidak menyadari bahwa secara tidak langsung kita telah dicuci otaknya oleh pihak luar untuk melupakan nilai-nilai budaya yang ada di Indonesia.

            Oleh karena itu dalam makalah ini akan dipaparkan tentang peran Universitas Gunadarma dalam membentuk perilaku mahasiswa yang berbudaya untuk menanamkan rasa cinta tanah air pada mahasiswa dan dapat turut serta dalam melestarikan budaya Indonesia dan nilai-nilainya ke dunia luar.

 

1.2  Tujuan

Adapun tujuan pembentukan makalah ini adalah sebagai berikut :

  • Memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar
  • Memberikan informasi kepada mahasiswa/i Universitas Gunadarma khususnya, pentingnya melestarikan budaya

1

  • Memberikan informasi kepada mahasiswa/i Universitas Gunadarma khususnya bagaimana pentingnya peran Universitas Gunadarma dalam membentuk perilaku berbudaya.

1.3  Sasaran

Makalah ini ditujukan untuk seluruh lapisan masyarakat, khususnya mahasiswa Universitas Gunadarma, agar terciptanya rasa cinta tanah air dan sadar betapa pentingnya peran diri sendiri dan Universitas Gunadarma dalam membentuk perilaku yang berbudaya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

BAB II

PERMASALAHAN

            Kebudayaan Indonesia sangat beraneka ragam, sehingga kadang sulit untuk menjaganya. Seperti beberapa waktu yang lalu  beberapa kali budaya kita berusaha direbut oleh negara tetangga karena dari pihak kita sendiri kurang memperhatikan kebudayaan yang kita punya. Oleh karena itu, bangsa kita perlu pembekalan sejak dini hingga dewasa untuk ditanamkan sifat nasionalisme dan cinta budaya sendiri.

            Akan tetapi banyak sekolah bertaraf internasional yang berdiri di Indonesia yang tidak sedikit dari mereka yang melupakan budaya-budaya bangsa sendiri. Ditambah lagi kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya nilai-nilai budaya bangsa sendiri untuk dikembangkan. Banyak generasi-generasi sekarang yang tidak peduli terhadap budaya sendir dan cenderung mengikuti budaya yang sedang trend. Hal ini tentu tidak lepas dari pesatnya perkembangan IPTEK. Banyak informasi dari luar serta membawa budayanya  masuk dalam budaya kita dan banyak situs budaya yang dirusak. Sangat berpengaruh terhadap pembentukan perilaku berbudaya.

            Analisis permasalahan kontribusi Universitas Gunadarma membentuk perilaku berbudaya dengan memperhatikan dan mempertimbangkan  kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek :

2.1 Kekuatan (Strength)

  • Sumber Daya Manusia yang banyak (Mahasiswa/i)

Oleh karena Universitas Gunadarma merupakan salah satu Universitas swasta terbaik yang ada di Indonesia dan kampus cabangnya tersebar dibanyak tempat di Depok,  Bekasi, dan sekitarnya, maka Universitas Gundarma memiliki banyak mahasiswa/i yang dapat ikut serta dalam membentuk perilaku berbudaya.

  • Kebijakan Akademik yang mendukung

Universitas Gunadarma selain memiliki mata kuliah seperti kampus lain, UG juga memiliki Mata Kuliah Dasar Umum yang biasa disebut dengan mata kuliah softskill. Diantaranya yang telah saya pelajari adalah Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar yang mengajarkan banyak hal tentang budaya dan bagaimana mensosialisasikannya dengan dunia luar.

3

  • Organisasi kampus dengan kegiatannya yang mendukung

Di Universitas Gunadarma banyak sekali organisasi- organisasi kemahasiswaan yang sering kali mengadakan acara-acara tertentu. Salah satu kegiatan yang pernah saya ikuti adalah seminar tentang tari- tari di daerah. Ini sangat baik karena mengingat banyak mahasiswa yang tidak mengetahui tarian bahkan di daerah asalnya sendiri.

  • Ekstrakurikuler tentang seni budaya

Di Universitas Gunadarma banyak sekali ekstrakurikuler yang biasa disebut UKM

untuk mengembangkan dan menyalurkan hobi mahasiswa, juga menanamkan nilai seni dan budaya pada mahasiswa. Salah satunya adalah Swara Darmagita dan seni budaya teater, TEMA.

2.2 Kelemahan (Weakness)

  • Kurangnya Sosialisasi tentang UKM dan Organisasi kemahasiswaan yang ada

Walaupun banyak sekali UKM yang ada di Universitas Gunadarma, tetapi untuk sosialisasinya sendiri kurang, sehingga tidak banyak mahasiswa yang ikut serta. Begitu pula dengan organisasi kemahasiswaan. Malah terkadang kuota yang tersedia terbatas.

  • Masyarakat yang kurang peduli terhadap budaya

Di samping poin 1 di atas, banyak juga mahasiswa yang tahu diselenggarakannya berbagaimacam seminar dan acara, tetapi lebih memilih untuk menutup matanya dan memilih untuk melanjutkan bermain dengan teman-temannya seta menganggap tidak penting dan tidak berguna, sehingga stand-stand kegiatan kadang hanya menjadi seperti kacang goring yang tidak laku.

  • Kurangnya jam pembelajaran untuk mata kuliah softskill

Walaupun ada mata kuliah softskill, tetapi jam belajarnya relative singkat. Hal ini tentu berpengaruh bagi penyerapan materi untuk mahasiswa.

  • Budaya Asing yang selalu dianggap lebih baik

Sudah sejak dulu, kita ditanamkan bahwa segala sesuatu yang berasal dari luar negeri adalah yang lebih baik dari Indonesia. Seperti barang import, bahkan kebudayaan dan nilai-nilainya yang dianggap lebih modern dari Indonesia. Padahal budaya kita lah yang terbaik.

4

2.3 Peluang (Opportunity)

  • Terjalinnya hubungan kebersamaan antar Fakultas

Dengan banyaknya UKM dan organisasi kemahasiswaan, banyak mahasiswa/i yang berbeda jurusan bahkan fakultas dipertemukan. Sehingga menambah koneksi bagi mahasiswa.

  • Dikenalnya Universitas Gunadarma oleh Univerasitas lain

Dengan banyaknya prestasi yang telah diraih Universitas Gunadarma, membuat Universitas Gunadarma dikenal dengan citra yang baik oleh universitas lain

  • Terjalinnya hubungan antar Universitas

Dengan banyaknya kegiatan yang diikuti oleh universitas Gunadarma di luar wilayah dan acara kampus sendiri, membuat Universitas Gunadarma dapat menjalin hubungan dengan Universitas lain yang juga mengikuti kegiatan yang bersangkutan untuk melestarikan budaya.

  • Ikut serta melestarikan budaya di luar negeri

Dengan banyaknya prestasi yang telah dicapai mahasiswa Universitas Gunadarma dalam mengembangkan buday Indonesia, maka suatu saat nanti pasti akan menjadi wakil bangsa untuk mengenalkan budaya kita dengan bangsa lain.

2.5    Tantangan/ Hambatan (Threats)

  • Kemajuan IPTEK yang memudahkan budaya luar masuk

Dengan begitu pesatnya kemajuan IPTEK sekarang ini, begitu mudahnya budaya luar masuk ke Indonesia. Dengan diciptakannya berbagai macam media sosialisasi, begitu banyak situs yang memperlihatkan budaya luar, disamping juga adanya situs situs sejarah dan budaya Indonesia sendiri.

  • Persaingan Antar Universitas yang semakin ketat

Dari tahun ke tahun banyak universitas yang berlomba-lomba untuk mendapatkan calon mahasiswanya. Tetapi banyak  yang melupakan tentang aspek-aspek budaya yang juga harus dikembangkan demi tercapainya mahasiswa yang bukan hanya pintar, tetapi berbudaya.

5

  • Banyak Hal-Hal berbau SARA di sekitar

Keanekaragaman merupakan sesuatu yang indah. Tetapi ada segelintir orang justru kurang senang dengan keanekaragaman yang kita miliki. Banyak yang menganggap ras, suku atau agamanya adalah yang paling baik dan benar. Sehingga terkadang sulit untuk mengembangkan budaya kita.

  • Situs Budaya yang dicuri dan dirusak

Kemajuan IPTEK sangat pesat menyebabkan banyaknya orang yang ahli dalam IT terutama membobol situs seseorang atau lembaga tertentu tentang budaya, tidak bertanggung jawab atas perbuatannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

BAB III

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

1.1  Kesimpulan

Pentingnya peran Universitas Gunadarma dalam membentuk perilaku berbudaya pada mahasiswa dan peran mahasiswa itu sendiri dalam mengembangkan budaya-budaya yang ada kepada dunia luar. Peran pendidikan sangatlah penting bagi awal pembentukan perilaku yang berbudaya. Kita sebagai penerus bangsa wajib turut serta. Karena budaya Indonesia banyak sekali. Sangat sayang jika semuanya hilang, bahkan diklaim oleh negara lain.

1.2  Rekomendasi

  • Sosialisasi kegiatan- kegiatan UKM dan organisasi kemahasiswaan lebih ditingkatkan lagi
  • Waktu pertemuan untuk mata kuliah softskill ditambah lagi
  • Meningkatkan sarana dan prasarana untuk kegiatan kebudayaan
  • Memperbanyak UKM tentang budaya
  • Menanamkan nasionalisme dengan mengiikuti kegiatan kebudayaan di luar wilayah kampus

 

 

 

 

 

 

 

 

7

REFERENSI

http://rardirardi.blogspot.com/2012/04/makalah-ibd-peran-universitas-gunadarma.html

http://markmanshot.blogspot.com/2012/04/makalah-peran-universitas-gunadarma.html

http://komunitasgalaxywonder.blogspot.com/2012/04/makalah-ibd-periode-3-peran-universitas.html

http://yahyadfirst683.blogspot.com/2012/06/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html

http://yahyadfirst683.blogspot.com/2012/06/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html

http://bektipatria.wordpress.com/tag/nilai-nilai-lokal/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s