Jaringan Nirkabel

wireless_network01

  • Pengertian

Jaringan ( network ) adalah suatu mekanisme yang memungkinkan berbagai komputer terhubung dan para penggunanya dapat berkomunikasi dan berbagi sumber satu sama lain. Informasi dan data bergerak melalui media transmisi jaringan sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer untuk saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware software yang terhubung dengan jaringan.

Jaringan internet adalah sekumpulan jaringan-jaringan yang saling terhubung oleh alat jaringan dan akan menjadikan jaringan-jaringan tersebut sebagai satu jaringan yang besar.

Nirkabel sendiri atau sering juga disebut wireless, memiliki arti tanpa kabel.  Dalam hal ini yang dimaksud Jaringan Nirkabel (wireless) adalah hubungan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnet sebagai pengganti kabel.

  • Jenis-Jenis Jaringan Nirkabel (Wireless)
    • Wireless Wide Area Networks (WWANs)Teknologi WWAN memungkinkan pengguna untuk membangun koneksi nirkabel melalui jaringan publik maupun privat. Koneksi ini dapat dibuat mencakup suatu daerah yang sangat luas, seperti kota atau negara, melalui penggunaan beberapa antena atau juga sistem satelit yang diselenggarakan oleh penyelenggara jasa telekomunikasinya. Termasuk dalam teknologi WWAN adalah sistem 2G (second generation) dan 3G (third generation).
    • Wireless Metropolitan Area Networks (WMANs)Teknologi WMAN memungkinkan pengguna untuk membuat koneksi nirkabel antara beberapa lokasi di dalam suatu area metropolitan (contohnya, antara gedung yang berbeda-beda dalam suatu kota atau pada kampus universitas). WMAN menggunakan gelombang radio atau cahaya infrared untuk mentransmisikan data. Jaringan akses nirkabel broadband yang melayani pengguna dengan akses berkecepatan tinggi merupakan hal yang banyak diminati saat ini.
    • Wireless Local Area Networks (WLANs)Teknologi WLAN digunakan untuk membangun jaringan nirkabel dalam suatu area yang bersifat lokal (misalnya, dalam lingkungan gedung kantor, gedung kampus atau pada area publik, seperti bandara atau kafe).
    • Wireless Personal Area Networks (WPANs)Teknologi WPAN membolehkan pengguna untuk membangun suatu jaringan nirkabel (ad hoc) bagi peranti sederhana, seperti PDA, telepon seluler atau laptop. Ini bisa digunakan dalam ruang operasi personal (personal operating space atau POS). Sebuah POS adalah suatu ruang yang ada disekitar orang, dan bisa mencapai jarak sekitar 10 meter.
  • Contoh Penggunaannya

Dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan wireless sendiri sudah sangat menjamur di mana-mana. Beberapanya di antaranya :

        • Telepon Genggam
        • Wireless Komunikasi Data
        • Transfer Energi Wireless
        • Perangkat Komputer Antarmuka

Referensi

http://emperorkidz.blogspot.com/2011/02/pengertian-dan-jenis-jaringan-nirkabel.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Nirkabel#Aplikasi_teknologi_nirkabel

http://jareperpus.blogspot.com/2012/04/pengertian-jaringan-wireless.html

Stallings, William. Komunikasi dan Jaringan Nirkabel, Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s