Manfaat Internet Dalam Bidang Bisnis dan Perdagangan

Sebagian masyarakat bahkan hampir semua masyarakat dunia telah mengenal istilah e-Business. E-Business merupakan suatu bentuk kegiatan usaha atau bisnis yang dilakukan oleh orang pribadi, kelompok maupun Badan Usaha melalui sebuah jaringan Internet untuk melakukan berbagai macam kegiatan penawaran, pemasaran barang maupun jasa, ataupun kegiatan bisnis lainnya yang dilakukan secara online. Proses kegiatan bisnis ini tidak perlu mempertemukan antara pihak penjual dan pembeli atau dengan kata lain tidak ada kontak langsung secara fisik. Proses administrasi pun akan dilakukan secara online, sehingga akan sangat memudahkan kedua pihak dalam menyelesaikan proses penjualan dan pembelian.
Kenyataan yang sedang berkembang saat ini adalah bahwa Internet dijadikan sebagai sarana utama para pelaku bisnis dalam mempromosikan dan mempublikasikan usaha mereka. Sifatnya yang fleksibel menjadikan Internet sebagai media yang mampu menjawab tantangan atau kendala bisnis, seperti wilayah geografis, promosi, target pemasaran, proses administrasi pembelian dan penjualan, biaya yang dikeluarkan serta kendala-kendala bisnis lainnya. Sehingga kemudahan e-Business ini cukup memuaskan masyarakat terutama bagi yang memiliki tingkat kesibukan tinggi. Mereka hanya tinggal memilih, meng-klik, dan melakukan proses transfer / pembayaran kemudian produk yang dipesan akan datang ke tempat  pembeli.
Manfaat internet sangat tergantung pada produk dan jasa yang akan ditawarkan. Produk yang satu memanfaatkan Internet secara berbeda dengan produk yang lainnya. Tipe atau jenis usaha pun akan turut mempengaruhi cara orang memanfaatkan Internet sebagai sarana bisnisnya, apakah dia seseorang pemasok, distributor atau seorang pengecer.

Ada beberapa keuntungan yang diperoleh pelaku usaha antara lain :

1. Perusahan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Perdagangan secara elektronik memungkinkan perusahan untuk menjual produknya kepada masyarakat luas. Dengan kata lain, perusahan atau toko dapat menjual produknya kepada siapa saja di seluruh belahan dunia.

2. Efektifitas Tempat, dimana perusahan tidak perlu membuka banyak cabang untuk distribusi barang.

3. Efesiensi biaya, mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahan, karena perusahan tidak perlu merekrut banyak pegawai toko dan tidak perlu menyediakan tempat yang luas.

4. Dengan melakukan penghematan biaya yang dikeluarkan, otomatis perusahan dapat menekan seminimal mungkin harga jual kepada pelanggan. Sehingga lebih banyak pelanggan yang dapat menjangkau harga barang tersebut. Dengan demikian barang menjadi lebih banyak yang terjual dan profit perusahaanpun bertambah besar

5. Pemanfaatan teknologi dapat menjangkau kepada calon pembeli diseluruh dunia, sehingga biaya promosi akan lebih efesien.

6. Bagi para pelaku usaha pedagang kelas menengah kebawah, teknologi inforamsi cukup membantu. Dimana mereka cukup melakukan pemesanan via internet tanpa harus datang ke grosir.

Adapun Keuntungkan yang didapat oleh konsumen antara lain :

1. Pembeli tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang, cukup terkoneksi dengan Internet, cari dan pilih barang, kemudian selanjutnya lakukan pemesanan barang, dan barang akan di antar ke rumah.

2. Menghemat waktu dan biaya transportasi berbelanja, karena semua barang belanjaan bisa dipesan melalui perantara media internet khususnya situs penyedia jasa jual-beli untuk barang apa yang ingin anda beli.

3. Pilihan yang ditawarkan sangat beragam, sehingga sebelum melakukan pemesanan kita dapat membandingkan semua produk dan harga yang ditawarkan oleh perusahaan E-Commerce.

4. Dengan perantara internet kita dapat membeli barang dinegara lain secara online, sehingga hemat waktu dan biaya.

5. Harga yang ditawarkan sangat kompetitif, karena tingkat persaingan dari pelaku usaha melalui media internet sehingga mereka bersaing untuk menarik perhatian dengan cara menawarkan harga serendah-rendahnya dengan memberikan diskon tertentu.

Berikut ini adalah contoh pemanfaatan dan manfaat Internet sebagai media bisnis:
  •  Menciptakan basis bagi klien atau pelanggan.
  •  Analisa produk dan pasar.
  •  Nasehat dan bantuan pakar di bidangnya.
  •  Rekruitmen tenaga kerja dan penyedian lowongan kerja.
  •  Akses informasi dan penyebaran informasi.
  •  Komunikasi yang cepat dan pengiriman dokumen dengan  biaya murah.
  •  Peluang bisnis baru.

 

Referensi

http://samsulxiia4.blogspot.com/2013/09/manfaat-internet-dalam-bidang.html

http://pendekarinternetmarketing.com/bisnis-online/

http://edijangcik.blogspot.com/2013/02/manfaat-teknologi-komunikasi-dalam.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s