Manfaat Internet dalam Komunikasi

Nama  : Marisa Siluana Kasih M.

Kelas   : 2IA18

NPM   : 54412444

Internet singkatan dari “interconnection-networking” adalah sebuah sistem global jaringan komputer yang saling menghubungkan antara satu dengan yang lain di seluruh penjuru dunia dengan menggunakan standart Internet Protocol Suite.

Internet adalah satu teknologi yang mutakhir di zaman ini yang terdapat pada komputer. Dengan adanya internet, sekarang kita dapat memperoleh informasi dan berkomunikasi dengan mudah dan cepat. Banyak sarana di dalam memperoleh informasi dan berkomunikasi dengan mudah dan cepat. Banyak sarana di dalam internet yang memudahkan kita dalam melakukan kegiatan komunikasi. Beberapa aplikasi yang digunakan  hari-hari ini di antaranya antara lain :

  • Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara.
  • Viber adalah sebuah aplikasi berbasis VoIP yang cukup populer di iOS dengan pengguna hampir 12 juta orang, seperti layaknya aplikasi VoIP seperti skype namun tidak membutuhkan anda untuk membuat account terlebih dahulu atau menambah contact account teman – teman anda, karena nomor telephone anda adalah nomor dari Viber anda.
    Kelebihan – kelebihan Viber antara lain adalah, kemampuan untuk mengirimkan pesan singkat seperti sms yang tersusun dalam bentuk chat, kemampuan untuk menelphone pengguna Viber lainnya dengan kualitas suara yang cukup baik, namun akan tergantung pada jaringan internet yang anda gunakan, dan kelebihan utamanya adalah semua ini gratis, rasanya tidak ada hal yang lebih baik dari gratis.
  • Yahoo Messenger atau yang lazim disingkat YM merupakan aplikasi chatting yang juga memungkinkan kita untuk melakukan video call. Dalam aplikasi Yahoo Messenger versi terbaru, yaitu versi 11 Beta, layanan video call telah disempurnakan. Video gambar yang semula terpisah dari chat box, kini dapat dinikmati dengan video selayar penuh dengan suara kualitas tinggi. Selain dengan mengunduh aplikasi, Yahoo Messenger juga menyediakan apa yang disebut dengan layanan webmessenger. Dengan webmessenger ini kita dapat mengakses YM langsung dari browsertanpa harus menunggu lama proses unduh. Akan tetapi, dalam webmessenger, kita tidak dapat melakukan video call.
  • Oovoo. Sebagian orang mungkin masih belum familiar dengan aplikasi yang satu ini. Namun Oovoo menawarkan layanan chatting dan video call, serta layanan group video call hingga 6 orang dalam satu waktu. Selain itu, Oovoo juga menyediakan layanan webvideocall. Dengan layanan ini, semua kerabat kita yang belum mengunduh Oovoo bisa dengan cepat ber-video call dengan kita hanya dengan mengklik link yang kita kirim untuk webvideocall tersebut. Untuk mengunduh dan menggunakan Oovoo, semuanya tidak berbayar. Namun, Oovoo memberikan penawaran-penawaran lebih bagi mereka yang bersedia membayar lebih. Fitur-fitur spesial yang ditawarkan antara lain dapat menambahkan 6 orang dalam satu percakapan, video gambar dengan resolusitinggi, merekam gambar dan suara kapanpun kita mau, menghubungi telepon rumah atau seluler tanpa biaya tambahan lagi.
  • WhatsApp adalah aplikasi pesan untuk smartphone dengan basic mirip BlackBerry Messenger. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain. Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi 3G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain. 
  • Email adalah singkatan dari Electronic Mail yang artinya adalah surat elektronik. Email berfungsi sebagai sarana untuk mengirim surat atau pesan  melalui jaringan Internet. Dengan menggunakan Email, kita hanya membutuhkan waktu sebentar agar dokumen yang dikirimkan sampai ke tujuan, dan tidak perlu menunggu berhari-hari seperti halnya mengirim dokumen biasa melalui kantor jasa pengiriman surat/dokumen (pos). Email sekarang ada bermacam-macam seperti Gmail, Ymail, Rocketmail, dan masih banyak lagi.

Masih banyak lagi aplikasi berbasis internet yang sangat berguna bagi komunikasi saat ini. Dimana komunikasi menjadi hal yang sangat penting sehari-harinya. Bahkan setiap detik ada saja yang membutuhkan informasi atau sekedar komunikasi untuk pelampiasan perasaan atau luapan emosi. Sekian yang bisa saya sampaikan, semoga dapat berguna bagi para pembaca sekalian. Mohon maaf atas segala kekurangan yang ada. Terima kasih.

Referensi

http://id.wikipedia.org/wiki/Skype

http://rovisulistiono.blogspot.com/2013/04/manfaat-dan-kegunaan-email.html

http://dualbyte.blogspot.com/2011/07/viber-telepon-gratis-dan-sms-cross.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Voice_over_IP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s