Jaringan Komputer : Server & Router

Marisa Siluana Kasih M.

2IA18

54412444

Macam – macam server :

1.       DNS SERVER

DNS adalah Domain Name Server, yaitu server yang digunakan untuk mengetahuiIP Address suatu host lewat host name-nya. Dalam dunia internet, komputerberkomunikasi satu sama lain dengan mengenali IP Address-nya.Namun bagi manusia tidak mungkin menghafalkan IP address tersebut, manusia lebih mudah menghapalkan kata-kata seperti http://www.yahoo.com, http://www.google.com, atau http://www.friendster.com. DNS berfungsi untuk mengkonversi nama yang bisa terbaca oleh manusia ke dalam IP addresshost yang bersangkutan untuk dihubungi.

 2.       WEB SERVER

WEB server atau server untuk web, atau dalam industri lebih dikenal sebagai web hosting, atau hosting untuk web, adalah komputer yang dikhususkan untuk menaruh data website, hanya saja dalam hal ini server harus 24 jam online, jika tidak maka data tak bisa diakses oleh pengunjung website. Semua komputer logikanya bisa dijadikan server, namun server yang khusus untuk website punya spesifikasi khusus. Hal ini untuk menjaga agar kecepatan server stabil dan memenuhi kriteria yang dihadapkan. Selain bergantung paga spesifikasi hardware dan software, kecepatan webserver juga bergantung pada akses internet di tempat server berada atau juga tergantung pada kecepatan Internet Service Provider (ISP) yang digunakan untuk online, dan terlebih lagi juga bergantung pada jalur lokasi negara yang bersangkutan.

 3.       MAIL SERVER

“Mail server” boleh diistilahkan sebagai seorang posmen yang dikawal menerusi sistem komputer. Setiap emel yang dihantar dan disampaikan kepadanya melalui beberapa siri proses pelayan yang lebih kompleks — sungguhpun ianya dianggap seolah-olah membawa mampatan mesej dan maklumat dalam satu kotak maklumat. Tanpa melalui beberapa siri “mail server” ini, anda hanya berhak dan boleh menghantar emel kepada penerima yang mempunyai domain yang sama yang anda gunakan saja.

 4.       DHCP SERVER

Adalah layanan yang secara otomatis memberikan nomor IP kepada komputer yang memintanya. Komputer yang memberikan nomor IP disebut sebagai DHCP server, sedangkan komputer yang meminta nomor IP disebut sebagai DHCP Client. Dengan demikian administrator tidak perlu lagi harus memberikan nomor IP secara manual pada saat konfigurasi TCP/IP, tapi cukup dengan memberikan referensi kepada DHCP Server.

 5.       FILE SERVER

Adalah sebuah komputer yang tersambung ke jaringan yang tujuannya ngasih lokasi hard disk yang bisa dibagi-pakai bareng-bareng, misalnya berbagi file komputer (seperti file dokumen, gambar, program, dll), dan bisa diakses sama komputer lain yang terhubung dalam jaringan.

6.       SAMBA

Dalam membangun jaringan kombinasi sistem operasi windows dengan linux, Samba merupakan layanan yang paling populer. Pada umumnya Samba digunakan untuk membangun suatu jaringan di mana komputer-komputer yang menjadi anggota jaringan tersebut digunakan untuk berbagi pakai(sharing) berbagai sumber daya yang dimilikinya, misal media penyimpanan data dan printer

7.       FTP SERVER

FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protocol. Merupakan sebuah protokol aplikasi yang menggunakan protokol TCP/IP Internet. File Transfer Protocol merupakan cara paling sederhana untuk melakukan transfer file antar komputer di Internet. Cara ini umumnya dipakai untuk mendownload file-file dari komputer yang bertindak sebagai server ke komputer lain yang bertindak sebagai klien. FTP juga lazim dipakai untuk mendownload aneka program atau aplikasi (termasuk distribusi Linux) ke komputer pengguna dari suatu server.

Macam – macam router :

Router aplikasi

Router jenis ini adalah sebuah aplikasi yang bisa anda instal pada sistem operasi komputer, sehingga sistem operasi komputer tersebut dapat bekerja seperti router, misalnya aplikasi WinGate, , WinProxy Winroute, SpyGate, dll.

Router Hardware

Adalah sebuah hardware yang memiliki kemampuan seperti router, maka dengan hardware tersebut anda dapat membagi IP Address, Router hardware dapat digunakan untuk membagi jaringan internet pada suatu wilayah, misalnya dari router ini adalah access point, wilayah yang mendapat Ip Address dan koneksi internet disebut Hot Spot Area.

Router PC

Adalah sebuah komputer yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai router. Untuk membuat sebuah router PC tidak harus menggunakan komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Komputer dengan prosesor pentium dua, hard drive 10 GB dan ram 64 serta telah tersedia LAN Card sudah bisa digunakan sebagai router PC. Komputer yang dijadikan router ini harus diinstal dengan sistem operasi khusus untuk router. Sistem operasi yang populer untuk router PC saat ini adalah Mikrotik.

Referensi :

http://michaelrespecktor.blogspot.com/2013/03/pengertian-dan-macam-macam-server.html

http://avnivina.wordpress.com/2013/02/07/pengertian-macam-macam-server-di-jaringan-wireless-networking/

http://fadhilgalery.blogspot.com/2012/12/mengenal-pengertian-router-jenis-jenis.html

Rafiudin, Rahmat. Mengupas Tuntas Cisco Router. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2003.

Rahman, Rizal. Mahir Administrasi Server dan Router. Jakarta: AcademiaEdu, 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s