Program Operasi Aritmatika dengan Red Hat Linux

Kali ini saya akan membagikan kodingan program sederhana menggunakan Red Hat dari Linux, yaituOperasi Aritmatika.

Berikut ini adalah listing progamnya

rh1

 

 

Program untuk minggu ini adalah Operasi Aritmatika. Nama file yang saya buat adalah “oparit” dengan menggunakan vi editor. Berikut ini adalah logika pemrogramannya :

#!/bin/bash

Tanda # merupakan komentar. #! pada /bin/bash dalam script ‘oparit’ adalah perintah yang diterjemahkan ke kernel linux untuk memproses path yang disertakan, dalam hal ini program bash (Bourne Again Shell)  pada direktory bin, sebenarnya tanpa mengikutkan baris tersebut anda tetap dapat mengeksekusi script bash, dengan catatan bash adalah shell aktif. atau dengan mengetikkan bash pada prompt shell.

echo “OPERASI ARITMATIKA”

echo

Perintah echo pada baris kode pertama di atas mempunyai fungsi untuk menampilkan tulisan di dalam parameter yang telah ditentukan, yaitu OPERASI ARITMATIKA. Sedangkan perintah selanjutnya, yaitu echo berfungsi ntuk memberi spasi satu baris untuk output berikutnya.

echo “Masukan nilai ke 1 : “;

read nilai1

echo “Masukan nilai ke 2 : “;

read nilai2

echo

Perintah echo pada baris kode pertama di atas mempunyai fungsi untuk menampilkan tulisan di dalam parameter yang telah ditentukan, yaitu Masukan nilai ke 1 :. Perintah selanjutnya, read berfungsi untuk membaca input dari user dengan nama variable nilai1. Perintah echo pada baris selanjutnya berfungsi untuk menampilkan tulisan di dalam parameter yang telah ditentukan, yaitu Masukan nilai ke 2 :.  Perintah selanjutnya, read berfungsi untuk membaca input dari user dengan nama variable nilai2. Sedangkan perintah selanjutnya, yaitu echo berfungsi untuk memberi spasi satu baris untuk output berikutnya.

 

let “hasil1= $nilai1 + $nilai2”;

echo –n “$nilai1 + $nilai2 adalah $hasil1”;

echo

Pada baris pertama pemrograman di atas terdapat perintah let yang berfungsi untuk melakukan operasi aritmatika pada shell. Di sini let berfungsi untuk memproses perhitungan pada variable hasil1 dimana $nilai1 adalah value/nilai dari variable nilai1 dan $nilai2 adalah value/nilai dari variable nilai2. Operasi aritmatikanya sendiri adalah penjumlahan, dimana hasil1 adalah penjumlahan antara $nilai1 ditambah dengan $nilai2.

Pada baris selanjutnya, perintah echo –n berfungsi untuk menampilkan keluaran tulisan sesuai dengan parameter yang ditentukan, yaitu $nilai1 + $nilai2 adalah $hasil1. Dimana akan menampilkan value/nilai dari variable nilai1 dan value/nilai dari variable nilai2 di baris yang sama antara tampilan inputan user dan hasil perhitungan. Sedangkan perintah selanjutnya, yaitu echo berfungsi untuk memberi spasi satu baris untuk output berikutnya.

let “hasil2= $nilai1 – $nilai2”;

echo –n “$nilai1 – $nilai2 adalah $hasil2”;

echo

Pada baris pertama pemrograman di atas terdapat perintah let yang berfungsi untuk melakukan operasi aritmatika pada shell. Di sini let berfungsi untuk memproses perhitungan pada variable hasil1 dimana $nilai1 adalah value/nilai dari variable nilai1 dan $nilai2 adalah value/nilai dari variable nilai2. Operasi aritmatikanya sendiri adalah pengurangan, dimana hasil1 adalah pengurangan antara $nilai1 dikurang dengan $nilai2.

Pada baris selanjutnya, perintah echo –n berfungsi untuk menampilkan keluaran tulisan sesuai dengan parameter yang ditentukan, yaitu $nilai1 – $nilai2 adalah $hasil1. Dimana akan menampilkan value/nilai dari variable nilai1 dan value/nilai dari variable nilai2 di baris yang sama antara tampilan inputan user dan hasil perhitungan. Sedangkan perintah selanjutnya, yaitu echo berfungsi untuk memberi spasi satu baris untuk output berikutnya.

let “hasil3= $nilai1 * $nilai2”;

echo –n “$nilai1 x $nilai2 adalah $hasil3”;

echo

Pada baris pertama pemrograman di atas terdapat perintah let yang berfungsi untuk melakukan operasi aritmatika pada shell. Di sini let berfungsi untuk memproses perhitungan pada variable hasil1 dimana $nilai1 adalah value/nilai dari variable nilai1 dan $nilai2 adalah value/nilai dari variable nilai2. Operasi aritmatikanya sendiri adalah perkalian, dimana hasil1 adalah perkalian antara $nilai1 dikalikan dengan $nilai2.

Pada baris selanjutnya, perintah echo –n berfungsi untuk menampilkan keluaran tulisan sesuai dengan parameter yang ditentukan, yaitu $nilai1 x $nilai2 adalah $hasil1. Dimana akan menampilkan value/nilai dari variable nilai1 dan value/nilai dari variable nilai2 di baris yang sama antara tampilan inputan user dan hasil perhitungan. Sedangkan perintah selanjutnya, yaitu echo berfungsi untuk memberi spasi satu baris untuk output berikutnya.

 

echo –n “$nilai1 : $nilai2 adalah “

echo “$nilai1 / $nilai2” |bc -l;

echo

Pada baris pertama baris kode di atas, perintah echo –n berfungsi untuk menampilkan keluaran tulisan sesuai dengan parameter yang ditentukan, yaitu $nilai1 x $nilai2 adalah $hasil1. Dimana akan menampilkan value/nilai dari variable nilai1 dan value/nilai dari variable nilai2 di baris yang sama antara tampilan inputan user dan hasil perhitungan. Perintah echo selanjutnya dibarengi dengan |bc -l; dimana |berfungsi untuk menghubungkan perintah satu dengan perintah lainnya. bc berfungsi untuk memproses  arbitrary bahasa kalkulator persisi. –l berfungi menampilkan tipe data long. ; berfungsi untuk membatasi satu baris perintah dengan perintah lainnya. Sedangkan perintah selanjutnya, yaitu echo berfungsi untuk memberi spasi satu baris untuk output berikutnya.

 

Output program :

dengan inputan nilai pertama 59 dan nilai kedua 4

rh2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s