TUGAS SOFTSKILL I

PEMAHAMAN DESAIN PEMODELAN GRAFIK

Nama : Marisa Siluana Kasih M.

NPM  : 54412444

Kelas : 3IA18

  • Pengertian Desain

Desain memiliki dua makna, yaitu sebagai kata benda maunpun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” berarti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sedangkan sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

  • Pengertian Pemodelan Grafik

Grafik

segala cara pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang diperbanyak melalui proses percetakan guna disampaikan kepada khalayak.

Pemodelan

proses pembentukan suatu benda-benda atau obyek, membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup.

Pemodelan Grafik

jika kedua kata tersebut digabungkan, Pemodelan Grafik berarti proses pembentukan benda-benda atau objek baik itu huruf, tanda, maupun gambar, membuat dan mendesai objek tersebut sehingga terlihat seperti hidup dan diperbanyak melalui proses percetakan untuk dipublikasikan.

  • Perngertian Desain Pemodelan Grafik

proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yaitu membuat, menyimpan dan manipulasi model dan citra. Desain permodelan grafik sangat berkaitan dengan grafik komputer.

Berikut adalah kegiatan yang berkaitan dengan grafik komputer :

1.Pemodelan geometris : menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.

2.Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.

3.Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behaviour objek bergantung waktu.

  • Sejarah Desain Pemodelan Grafik

Adapun sejarah perkembangan desain pemodelan grafik antara lain :

Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik

1961:Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer

1963:Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector),Mouse oleh Douglas Englebert

1970:Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier

1972:ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer

1974:Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe animation and morphing

1976:Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping

1977 Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer

Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime

1982:Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel

1984:Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter

1986:Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).

1995:Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang pertama

Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.

Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering.

  • Prinsip dan Unsur Desain Pemodelan Grafik

Prinsip-Prinsip Desain Pemodelan Grafik

Dalam Desain Pemodelan Grafik ada beberapa prinsip yang harus dipenuhi agar suatu karya/hasil desain tersebut lebih komunikatif bagi khalayak umum, sehingga pesan yang ingin disampaikan oleh desainer dapat diterima dengan baik. Adapun prinsip itu di antaranya :

Kesederhanaan

Para desainer grafis sering menyebut prinsip ini sebagai KISS (Keep It Simple Stupid). Sesuatu yang sederhana sangat membantu bagi masyarakat umum dalam memahami pesan dari suatu karya.

 Keseimbangan

Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Prinsip keseimbangan dibagi menjadi dua, yaitu: keseimbangan formal (simetris) dan keseimbangan informal.

Perbedaan keduanya adalah keseimbangan formal memberikan kesan sempurna, resmi, kokoh, yakin dan bergengsi, sedangkan keseimbangan informal bermanfaat menghasilkan kesan visual yang dinamis, bebas, lepas, pop, meninggalkan sikap kaku, dan posmodernis.

Kesatuan

Kesatuan menunjukkan suatu kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi. Kesatuan merupakan prinsip yang sangat penting. Jika unsur-unsur dalam suatu karya, seperti warna, garis dan lainnya terlihat tidak saling terhubung atau tidak menyatu, karya itu tentunya akan menjadi tidak indah dipandang.

Penekanan (aksentuasi)

Penekanan dalam suatu karya desain sangat penting untuk menunjukkan bagian keuggulan dari suatu desain, sehingga masyarakat tertarik / fokus untuk melihat desain yang dimaksud.

♥ Irama (repetisi)

Irama merupakan pengulangan unsur-unsur pendukung karya seni. Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang, sama seperti interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama.

♥ Proporsi (Proportion)

Proporsi merupakan salah satu prinsip untuk mencapai keserasian, untuk memperoleh keserasian dalam sebuah karya diperlukan perbandingan – perbandingan yang tepat. Definisi proporsi dasarnya adalah perbandingan matematis dalam sebuah bidang. Dalam bidang desain proporsi ini dapat kita lihat dalam perbandingan ukuran kertas dan layout halaman.

Unsur-Unsur Desain Pemodelan Grafik

Dalam desain pemodelan grafis terdapat beberapa unsur yang harus dipelajari agar suatu desain dapat terlihat menarik. Unsur-unsur itu antara lain :

♥ Garis (Line)

Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain. Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis yang sering kita gunakan adalah dotted line, solid line, dan garis putus-putus.

♥ Bentuk (Shape)

Bentuk adalah segala sesuatu yang memiliki diameter, tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle).

♥ Tekstur (Texture)

Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju, kulit kayu, cat dinding, cat canvas, dan lain sebagainya.

♥ Ruang (Space)

Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latar belakang (background).

♥ Ukuran (Size)

Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek. Dengan menggunakan unsur ini Anda dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek desain anda sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.

♥  Warna (Color)

Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas

  • Peralatan Desain Pemodelan Grafik

Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.

Pada pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi gambar dengan komputer dan penciptaan gambar 3D yang sebelumnya sangat sulit untuk dibuat. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.

Seorang perancang grafis menggunakan sketsa/rancangan gambar untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.

  •  Desain 2D & 3D

Grafik komputer 2D  adalah pembuatan objek gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik sebagai contoh adalah:gambar teks,bangun 2D seperti segitiga,lingkaran dsb. Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi yang digunakan hanya untuk mencetak dan menggambar seperti tipografi, gambar, kartun,iklan, poster dll.

Grafik komputer 3D merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada aloritma-algoritma.

  • Software pendukung desain grafik

Daftar Software Desain Grafis :

Desktop publishing, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Indesig, Blender, Page Maker, Coreldraw, GIMP, Inkscape, Adobe Freehand, Adobe image ready, CorelDraw, Webdesign, Macromedia Dreamweaver, Microsoft Frontpage, Adobe Photoshop, Audiovisual, Adobe After Effect, Adobe Premier, Final Cut, Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash, Ulead Video Studio, Magic Movie Edit Pro, Power Director, Rendering 3 Dimensi, 3D StudioMax, Maya, AutoCad, Google SketchUp, dan masih banyak lagi.

Sumber :

http://brotoboyz.blogspot.com/2013/10/pengertian-desain-pemodelan-grafik.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Desain

http://farhan-boank.blogspot.com/2012/10/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html

http://upamy.blogspot.com/2010/02/disain-pemodelan-grafik.html

http://grunge2you.wordpress.com/2012/10/19/pengertian-desain-dan-pemodelan-grafis-2/

http://fika4194.blogspot.com/2013/10/sejarah-perkembangan-desain-grafik.html

http://eituzed.blogspot.com/2014/10/pengertian-prinsip-dan-unsur-desain.html

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s