TUGAS SOFTSKILL 2

Nama  : Marisa Siluana Kasih M.

NPM    : 54412444

Kelas   : 3IA18


 

  1. Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Membuat Desain Pemodelan Grafis

    Kebudayaan dan teknologi adalah dua faktor terkuat yang mempengaruhi kehidupan seseorang. Salah satunya adalah dalam aspek pembuatan Desain Pemodelan Grafis. Budaya digunakan sebagai sumber pemikiran atau ide dalam membuat suatu desain grafis. Contohnya adalah ukiran pada mebel, kain batik, keramik, dan masih banyak lagi budaya dari suatu daerah yang merupakan waisan turun-temurun yang dijadikan sumber pemikiran untuk membuat suatu desain grafis. Selain menjadi ide bagi para desainer, kebudayaan juga menyatakan jati diri si desainer tersebut dan mewakili sudut pandang serta kualitas tertentu.

    Selain kebudayaan, teknologi juga berperan penting dalam pembuatan Desain Pemodelan Grafis. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangannya dalam gaya, seni dan masyarakat secara keseluruhan, yang pada waktunya tercermin dalam bentuk desain. Teknologi juga menawarkan kepada desainer berbagai media untuk proyek-proyek mereka. Teknologi tersebut mencakup cara-cara atau teknik memproduksi, memakai, serta memelihara segala peralatan dan perlengkapan dalam membuat Desain Pemodelan Grafis. Teknologi muncul dalam mengekspresikan rasa keindahan, atau dalam memproduksi hasil-hasil kesenian. Dengan semakin majunya perkembangan teknologi maka semakin mudah bagi kita untuk menciptakan karya desain grafis dengan waktu yang cepat dan kita pun bisa menghasilakan banyak sekali desain grafis sehingga lebih efisien dalam segi waktu dan ekonomis.

    Pengaruh lain dari kebudayaan dan teknologi desain pemodelan grafis yang lainnya adalah Pengiklanan / advertising. Pengiklan harus mengetahui peranan yang dimainkan oleh budaya, subbudaya dan kelas sosial konsumen. Budaya adalah penyebab paling mendasar dari keinginan dan perilaku seseorang. Budaya merupakan kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan dan perilaku yang dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya.

    Setiap kebudayaan terdiri dari sub-budaya – sub-budaya yang lebih kecil yang memberikan identifikasi dan sosialisasi yang lebih spesifik untuk para anggotanya. Sub-budaya dapat dibedakan menjadi empat jenis: kelompok nasionalisme, kelompok keagamaan, kelompok ras, area geografis. Banyak subbudaya membentuk segmen pasar penting dan pemasar sering kali merancang produk dan program pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

  2. Bidang Studi yang Berkaitan dengan Desain Pemodelan Grafis
    Bidang Studi yang Berkaitan dengan Desain Pemodelan Grafis antara lain :
    a. Psikologi

    Psikologi perilaku dan kognitif dikonsentransikan dengan pemahaman perilaku manusia, persepsi, proses kognitif dan keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan model proses tersebut yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin terhadap pengguna manusia. Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi formal untuk mengukur kinerja objektif dan opini subjektif dari sistem manusia-komputer.

    b. Ergonomi

    Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia dan mesin.

    c. Sosiologi

    Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia-komputer pada struktur lingkungannya.

    d. Antropologi

    Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia – komputer. Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada (sebagai contoh di kantor), antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti, interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain, kelompok penulis, dan lain-lain.

    e. Teknik Elektronika

    Ilmu ini menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain sistem manusia komputer. Karena berbicara mengenai komputer, khususnya dari sisi perangkat keras tidak terlepas dari pembicaraan mengenai Teknik Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga harus mengerti perangkat lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang teknik elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem interaksi mausia-komputer.

  3. Manfaat Desain Pemodelan Grafik dalam Berbagai Bidang

– Budaya
Desain pemodelan grafik dapat digunakan dalam berbagai macam hal. Misalnya seperti dalam hal budaya. Kita dapat melihat desain grafik pada bidang budaya. Misalnya seperti pahatan batu pada candi-candi di Indonesia, desain gambar pada batik. Pada pahatan batu yang terdapat dicandi biasanya merupakan gambar-gambar tentang kehidupan orang-orang pada jaman tersebut. Bisa juga dibalik gambar pahatan(relif) tersebut berkisah tentang sejarah-sejarah. Sedangkan batik merupakan seni orang Indonesia dalam hal kerajinan membatik. Gambarnya saja berbagai macam rupa. Dari gambar binatang dan tanaman sampai akhirnya sekarang berkembang menjadi gambar bentuk orang, awan, relif, dan banyak gambar lainnya lagi. Jadi dapat disimpulkan bahwa desain pemodelan grafik pada bidang budaya berguna sebagai penggambaran sejarah dan nilai seni dalam budaya tersebut.

– Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power point ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.

– Hiburan
Tidak memungkiri pada sekarang ini semua acara hiburan di Televisi banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun,iklan di TV dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer. Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.

– Perancangan
Pada bidang ini desain pemodelan grafik yang berkaitan dengan grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan, desain kendaraan dan lainnya. Menggunakan software desain grafis seperti AutoCad dan Blender semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.

– Teknologi
Desain grafis, seperti disiplin ilmu lainnya, terkait dengan teknologi di berbagai tingkatan. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangannya dalam gaya, seni dan masyarakat secara keseluruhan, yang pada waktunya tercermin dalam bentuk desain. Teknologi juga menawarkan kepada desainer berbagai media untuk proyek-proyek yang akan mereka buat.

 

 

 

Sumber:

http://yulizarnugraha.blogspot.com/2011/11/pengaruh-kebudayaan-dan-teknologi-dalam.html

http://zvpopo.blogspot.com/2011/11/manfaat-desain-pemodelan-grafik-untuk.html

http://kerenzmania.blogspot.com/2013/10/teori-tentang-desain-pemodelan-grafik.html

http://radityacracker.blogspot.com/2011/10/desain-pemodelan-grafis-dari-segi.html

https://allansantoso.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s