TUGAS SOFTSKILL 4

Nama  : Marisa Siluana Kasih M.

Kelas : 3IA18

NPM  : 54412444

ANIMASI PRAMUGARI DENGAN BLENDER 2.67

1

Ketika kita membuka Blender maka akan muncul objek Cube sebagai startup filenya. Dengan menggunakan objek  Cube tersebut saya akan membuat badan dari pramugari tersebut. Masuk ke Edit Mode. Atur sudut pandang dengan menekan numpad 1 lalu 3 untuk melihat sisi kanan objek. Lalu tekan tombol W untuk menampilkan menu Specials, kemudian pilih Subdivison Smooth. Kemudian pada bagian kiri layar, ubah Number of Cuts menjadi 3, maka akan nampak lebih halus seperti gambar di bawah ini.

2

 

Kemudian bentuk kepalanya. Pastikan sudah Unselect object dengan menekan tombol A. kemudian pilih titik paling ujung kiri pastikan pada mode Vertex Select. Lalu tekan tombol G Kemudian scroll mouse ke atas untuk memperbesar ukuran lingkaran , kemudian tarik mouse ke bawah. Kemudian atur view ke belakang kepala dengan menahan scroll pada mouse. Lalu unselect semua yang pernah di-select dengan tombol A, lalu ganti ke mode Face Select. Lalu tekan tombol C dan pilih beberapa sisi. Kemudian kembali lagi ke view samping dengan menekan numpad 3, tekan tombol G, lalu Y.

 

4

Kemudian tekan A untuk untuk unselect objek. Lalu tekan tombol C untuk memilih bagian bawah kepala seperti di samping. Lalu tekan tombol O. Kemudian tekan tombol 3 lagi untuk melihat di samping. Lalu tekan E untuk extrude bagian tadi dan menjadikannya leher. Kemudian lakukan scale terhadap sumbu X dengan menekan tombol S lalu X, tarik ke luar. Lalu lakukan juga scale terhadap sumbu Y denagn menekan S lalu Y, tarik ke luar.

Kemudian tekan Ctrl+R untuk memotong menjadi beberapa bagian, scroll sekali untuk membagi 2 dengan garis. Klik kiri untuk melepas. Selanjutnya tekan tombol S lalu X, lalu tarik ke dalam untuk menscale menjadi bentuk leher. Kemudian scale juga terhadap sumbu Y untuk memipihkan leher seperti di samping dengan menekan tombol S lalu Y.

Pastikan kembali pada Face Select. Kemudian tekan tombol C, pilih bagian sisi bawah objek. Lalu tekan W pilih LoopTools > Cyrcle. Kemudian lakukan scale untuk meratakan bagian bawah objek seperti di sampijng dengan menekan tombol S lalu Z, atur sedemikian rupa.

Bagi layar untuk melihatnya dalam beberapa sudut pandang, dengan menekan pojok kanan layar, geser. Lalu pada layar kanan tekan numpad 3 untuk melihat sudut pandang kanan. Lakukan extrude untuk membuat bagian badannya. Tekan E, lakukan sebanyak 4 kali.

Pada layar pertama ubah tampilan menjadi wire saja dengan menekan tombol Z. kemudian ubah seleksi menjadi Vertex Select, kemudian tekan B, lalu drag pada bagian seperti di samping. Kemudian scale terhadap sumbu X dengan menekan tombol S lalu X, tarik ke luar seperti gambar di samping. Kemudian lakukan scale terhadap sumbu Y pada sumbu di bawahnya  sampai yang paling bawah.

7

Kemudian kembali pada tampilan solid dengan menekan tombol Z lagi. Kemudian tekan tombol R lalu X untuk merotasi terhadap sumbu Z. Keemudian pada layar sebelah kanan ubah menjadi tampilan wire dengan tombol Z. kemudian tekan tombol B. Lalu drag pada bagian.

Kemudian mundurkan bagian kepalanya dengan tarik sumbu Y. Kemudian unselect semua vertex yang telah dipilih dengan tombol A. Kemudian pada layar kanan tekan tombol B drag pada sumbu seperti di samping, kemudian scale terhadap sumbu Y ke arah dalam. Kemudian dorong ke depan dengan sumbu Y.

Kemudian lakukan scale pada vertex di bawahnya dengan memilih dengan tombol B, drag. Lalu Scale terhadap sumbu Y, dengan tombol S lalu Y. Lalu tarik agak ke belakang dengan sumbu Y. Kemudian pilih mode Face Select, pilih sisi bawah. Kemudian extrude dengan tombol E terhadap sumbu Z,  tarik ke bawah. Kemudian scale terhadap sumbu X, tekan S lalu X ke arah dalam seperti gambar di samping. Kemudian lakukan juga scale terhadap sumbu Y dan sumbu Z. Kemudian untuk membuat lebih mudah dalam mendesain badan yang terlihat sama kiri dan kanan kita akan menghapus setengah bagian  objek dengan drag menggunakan tombol B lalu tekan X pilih Faces.

Lalu pada Object Modifier > Add Modifier > Mirror, lalu ceklis. Maka objek akan terbagi menjadi 2 bagian yang sama persis untuk memudahkan dalam pembentukan badannya.

8

Kemudian selanjutnya lakukan pemodelan sedemikian rupa dengan teknik Extrude dan Scale, sehingga membentuk bagian kaki dan sepatunya.
9

Lakukan hal yang sama pada pembentukan pergelangan tangan dan jari. bentuk sedemikian rupa, dan haluskan permukanya dengan Subdivion Smurf sehingga tampilan lebih seperti manusia asli.

10

Lalu lakukan pewarnaan pada badannya dengan memberikan tekstur melalui gambar yang diimport. Untuk member texture pada objek, Tambahkan Material, ubah namanya menjadi skin untuk menandai, kemudian pilih menu texture > New. Pilih type menjadi Image / Movie. Kemudian pilih Open. Pilih file gambar yang akan dijadikan tekstur, Lalu Open Image.

Kemudian pada layar sebelah kiri ubah view menjadi UV Image Editor, kemudian pada menu Image pilih gambar yang akan dijadikan tekstur. Kemudian tekan A untuk memblok semua bagian objek karakter. Tekan U > Project From View.

Atur tekstur objek dengan menscale (S) atau merotasi objek (R). Kemudian kembali pada Object Mode > Ubah tampilang menjadi Texture untuk melihat teksturnya. Render Untuk hasil jelasnya.

 

12

Kemudian desain pula objek untuk baju, rok, ssepatu, slayer, topi dan koper yang akan dipakainya. Anda bisa bebas berkreasi dengan teknik-teknik yang telah anda pelajari sebelumnya.

13 14

Kemudian langkah selanjutnya adalah memberi Tulang atau Rigging pada objek  agar nantinya bias dibuat menjadi animasi. Untuk memudahkan prosesnya, saya menggunakan Armature Human (Meta-rig). Tetapi sebelumnya pastikan pada User Preferences di menubar File, di Tab AddOns fitur Rigging: Rigify aktif. Save User Setting untuk menyimpan perubahan.

Kemudian tambahkan objek Human Metarig dengan menekan Shift+A, pilih Armature, pilih Human (Meta-Rig). Kemudian lakukan Scale pada objek Armature, sesuaikan dengan bentuk tubuh objek, masukkan pada objek tubuh. Di sini saya memilih untuk menghapus Bones jari-jari tangan. Untuk memudahkan peng-edit-an Armature, pada menu Objek Data di sebelah kanan layar, pada bagian Display, ceklis X-Ray.

Beri Tulang juga pada objek koper agar bisa dijalankan bersama pramugari nantinya dengan menekan Shift+A Armature, pilih Single Bone.

15

16

Jangan lupa untuk memberi detail wajahnya. Kemudian pilih objek badan kemudian tahan shift kemudian klik kanan pada Armature, lalu Ctrl + P pilih With Automatic Weight. Kemudian lakukan hal yang sama pada tiap objek yang ada pada karakter. Kemudian pilih Armature, masuk pada Pose Mode. Di sini adalah tempat untuk menggerakkan objek dan membuat animasi. Langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Pilih bone karakter, pastikan timeline berada pada posisi 0, pilih bone tangan kiri dank an, ubah posisinya menjadi lurus, seperti berdiri, pilih semua bone (Shift+A), tekan tombol I, kemudian pilih LocRot. Kemudian lakukan hal yang sama pada objek koper.
  • Kemudian ubah posisi keyframe pada Timeline menjadi 10, kemudian saya menggerakkan tangan dan kaki kanan seperti gerakan berjalan, kemudian tekan I > LocRot. Kemudian pilih semua bone, gerakkan bone maju ke depan, kemudia LocRot lagi. Dan begitupun seterusnya hinggan tercipta gerakan berjalan sederhana. Untuk gerakan koper, gerakkan keyframe koper sesuai dengan keyframe karakter saat maju, sehingga terlihat seperti pramugari sedang berjalan membawa koper. Kemudian klik tombol Play Forward untuk melihat hasil gerakkannya.

17

Beri Pencahayaan pada ruang sekitar objek dengan menambahkan 2 objek Plane dan mengubah Surface menjadi Emission. Dan menambahkan objek kubus yang telah dihapus sisi kanan dan depannya sebagai ruang  batasnya.

18

Hasil Render Image seperti gambar berikut.

19

Untuk melakukan proses Rendering Animasi butuh waktu yang cukup lama tergantung dengan banyaknya gerakan yang dilakukan. Untuk melakukannya Pada Properties Render pilih Animation, lalu pilih ekstensi file videonya dan pilih tempat menyimpannya.

Buka video tadi, dan Play. Maka akan terlihat Pramugari tersebut sedang membawa koper sambil berjalan melalui suatu koridor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s