E- Commerce and E-Business

Pada zaman yang serba canggih ini, teknologi telah memudahkan kita dalam melakukan segala sesuatu, baik itu dalam hal kecil seperti membersihkan lantai, maupun dalam hal seperti transaksi antara penjual dan pembeli. Sekarang ini, pembelian barang dapat dilakukan tanpa harus menggunkan uang tunai, melainkan dapat menggunakan media seperti kartu Debit maupu Kredit. Bukan hanya alat pembayaran saja yang berkembang, tetapi proses dari perjual-belian barang maupun jasa itu sendiri telah berkembang, semua bisa dilakukan secara elektronik. Oleh sebab itu, saat ini saya akan membahas tentang E-Commerce dan E-Business berikut dengan perbedaannya.

E-Commerce adalah kegiatan transaksi bisnis melalui media internet di mana pihak-pihak yang terlibat melakukan penjualan atau pembelian. Transaksi yang dilakukan dalam e-commerce pada dasarnya melibatkan pengalihan (transfer) atau penyerahterimaan (handing over) kepemilikan dan hak atas produk atau jasa.

Secara teknis, e-commerce hanya merupakan bagian dari e-business karena, e-business adalah semua transaksi bisnis online, termasuk penjualan secara langsung kepada konsumen, transaksi dengan produsen dan pemasok, dan interaksi dengan mitra bisnis. Pertukaran informasi via database terpusat juga dilakukan dalam e-commerce.

E-commerce pada prinsipnya melibatkan pertukaran uang dalam transaksi. E-business, karena lebih luas, tidak terbatas pada transaksi yang bersifat keuangan (monetary). Semua aspek dalam bisnis, seperti pemasaran, perancangan produk, manajemen pemasokan, dan lain sebagainya tercakup di dalamnya. E-business lebih menekankan pada pemberian layanan yang bermutu demi membangun kepercayaan konsumen karena sasaran dari e-business adalah pasar atau market.

Tahapan E-business

Ada empat tahap pemanfaatan jaringan komputer dan internet untuk tujuan e-business, di mana terjadi transformasi perusahaan tradisional ke e-business, diantaranya sebagai berikut:
1.      Mendayagunakan komputer
2.      Mendayagunakan jaringan dan internet (seperti email, chat messanger, IRC, dll,.)
3.      Membangun dan mendayagunakan web
4.      E – commerce

Referensi :

http://octianaeni.blogspot.co.id/2013/10/definisi-e-business-dan-perbedaannya.html

http://riskaindrayani4.blogspot.co.id/2014/03/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s