Search Engine Optimization

SEO-SEARCH-ENGINE-1024x576

SEO atau kepanjangan dari (Search Engine Optimization) adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine) sepertiGoogle, Bing, dan Yahoo. Pengertian dari SEO juga sangat luas tetapi semuanya mencakup hal yang sama yaitu mengoptimisasi suatu halaman website/blog agar berada pada halaman/posisi satu di search engine dengan kata kunci yang ditarget.

Contohnya adalah jika saya mempunyai sebuah artikel di blog ini yaitu “cara membuat Lava Cake”, kemudian saya optimasi halaman artikel tersebut dengan teknik SEO yang saya gunakan dan dengan mengincar kata kunci “cara membuatLava Cake”, setelah saya optimasi dengan baik alhasil halaman tersebut dapat ranking satu dengan kata kunci yang menjadi target tersebut.

Onpage SEO (Meng-optimisasi Halaman)

Salah satu caranya agar halaman anda cocok dengan mesin pencarian adalah dengan memastikan kata kuncinya ada pada :

  • Title TAG
  • URL & description
  • Artikel Heading tag (h1, h2, h3, dan seterusnya…)
  • Image file name dan image alt tag
  • kalimat pertama dalam artikel anda

Offpage SEO

Dalam Offpage SEO ini ada yang namanya backlink dan anchor text. ANCHOR TEXT ini adalah text yang terlihat saat akan mengklik sebuah link.. Ini juga termasuk faktor penting dalam Offpage SEO karena Anchor Text tidak bisa lepas dari backlink.

Google itu menilai situs anda relevan untuk kata kunci tertentu, (misalnya anda membuat artikel mengenai “game Harvest Moon”) ketika ada halaman PR tinggi tentang Game MOTO GP yang mengacu pada link situs anda, dengan anchor text berupa “game Harvest Moon”.

Ini adalah indikator relevansi yang PALING BESAR bagi Google!! Google berpikir, semua orang bisa menyempurnakan nilai Offpage SEOnya. Tapi hanya situs yang benar-benar relevan yang mendapatkan link dari halaman PR tinggi (yang relevan dengan keyword yang ingin anda incar) dengan anchor text berupa keyword tersebut.

Keuntungan Melakukan SEO

Beberapa keuntungan melakukan SEO antara lain :

  • Mendatangkan Traffic yang Banyak
    Kita semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google Planner.
  • Meningkatkan Penjualan
    Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang seperti lazada.co.id yang menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.
  • Meningkatkan Daya Saing
    Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi. Masih banyak lagi keuntungan dari SEO ini yang tidak saya sebutkan semua, karena saya yakin dengan 3 hal diatas saja pasti anda sudah mengerti mengenai keuntungan SEO.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s