GetName, GetIP, IPtoName, NsLookup, dan Simple Client-Server

Aplikasi Get Name pada Java

Output Program yang akan muncul :

getName

Listing Source Code Program :

scgetname

Logika Program :

Progam di atas berfungsi untuk mengetahui nama komputer yang sedang digunakan menggunakan method getLocalHost() yang ada pada library java. Untuk memanggil method tersebut, pada awal program, semua package untuk jaringan (network) dipanggil (import) terlebih dahulu dengan perintah import java.net.*. Kemudian progam akan memberi nilai pada variable host sama dengan alamatIP komputer dengan null (tidak kosong). Variable host itu sendiri akan bernilai sama dengan LocalHost dengan perintah host = Inet.Address.getLocalHost(); . Kemudian program akan mencetak “Nama komputer Anda : ” diikuti dengan nama Host dari komputer anda menggunakan perintah “host.getHostName()”.


Aplikasi Get IP pada Java

Output program yang akan muncul :

getIP

Listing Source Code Program :

scgetIP

Logika Progam:

Program ini berfungsi untuk mengetahui IP Address dari komputer yang sedang kita gunakan. Sebelum  memanggil method untuk mengetahui IP Address tersebut, terlebih dahulu semua package untuk jaringan / network pada library Java di-import dengan perintah import java.net.*. Kemudian dideklarasikan variable host yang bernilai sama dengan InetAddress dan dipanggil dengan method getLocalHost() untuk mendapatkan lokal host komputer. Kemudian program akan mencetak alamat IP lokal yang telah didapatkan tersebut, dan program akan terhenti.


Aplikasi IPtoName pada Java

Output Program yang akan muncul :

IPtoName

Listing Source Code Program :

scIPtoName

Logika Program :

Pada program ini terdapat perintah untuk meng-import package perintah-perintah yang berhubungan dengan jaringan (network). Program ini hanya akan mencetak “Pemakaian: java IPtoName <IP address>” kemudian program akan terhenti walaupun setelahnya terdapat perintah untuk mencetak nama Host dari komputer maupun try-catch dari kesalahan kondisi yang mungkin akan terjadi.


Aplikasi NsLookup Pada Java

Output Program yang akan muncul :

NsLookup

Listing Source Code Program :

scnslookup

Logika Program :

Pada program ini terdapat perintah untuk meng-import package perintah-perintah yang berhubungan dengan jaringan (network). Program ini hanya akan mencetak “Pemakaian: java NsLookup <IP hostname>” kemudian program akan terhenti walaupun setelahnya terdapat perintah untuk mencetak alamat IP yang didapat dengan mencari nama host.


Aplikasi Simple Client-Server pada Java

Source Code simpleServer.java

scsimpleserver

Logika Program simpleServer.java

Program ini berfungsi sebagai server. Untuk bisa menggunakan method yang berhubungan dengan jaringan (network), maka library untuk network di-import terlebih dahulu dengan menggunakan perintah import java.net.*. Pada aplikasi ini juga terdapat perintah untuk meminta masukkan dari user, maka untuk menggunakan perintah yang berhubungan dengan input-output, maka package java.io.* di-import terlebih dahulu. Aplikasi ini di-compile terlebih dahulu. Kemudian akan menunggu pesan dan koneksi dari program client. Jika client berhasil mengirimkan pesannya, kemudian server akan mencetak pesan, lalu server akan langsung menutup koneksi dan program akan berhenti. Pesan yang akan dicetak adalah kata kunci “salam” yang disimpan pada variabel “line”, jika pesan yang dikirim sesuai, maka program pada client akan mencetak “salam juga”, tetapi jika tidak sesuai maka program pada client akan mencetak “Maaf, saya tidak mengerti”.

Source Code simpleClient.java

scsimpleclient

Logika simpleClient.java

Program ini berfungsi sebagai client. Untuk bisa menggunakan method yang berhubungan dengan jaringan (network), maka library untuk network di-import terlebih dahulu dengan menggunakan perintah import java.net.*. Pada aplikasi ini juga terdapat perintah untuk meminta masukkan dari user, maka untuk menggunakan perintah yang berhubungan dengan input-output, maka package java.io.* di-import terlebih dahulu. Aplikasi ini di-compile setelah server dan pastikan server sedang berjalan. Program ini akan meminta kata kunci yang telah ditetapkan pada program client. Kemudia akan mencetak “Dari server :” diikuti dengan “salam juga” maupun “Maaf, saya tidak mengerti”, tergantung dari masukkan dari user. Jika pesan dari server sudah dicetak, maka koneksi akan terputus dan program akan terhenti.

Cara menggunakan aplikasi Client-Server :

  1. Buka command prompt, lalu masuk pada folder tempat source code simpleClient.java dan simpleServer.java disimpan
  2. Kemudian Compile terlebih dahulu simpleServer.java. Lalu akan program akan mencetak “Aplikasi server hidup…”
  3. Kemudian buka command prompt  baru sementara command prompt pertama masih ada dan program simpleServer masih berjalan.
  4. Pada command prompt kedua ini compile aplikasi simpleClient.java, maka program akan meminta kata kunci yang sudah ditentukan sebelumnya pada program, yaitu “salam”. Maka pada program simpleServer yang sedang berjalan akan menerima “salam” tersebut, sedangkan pada simpleClient akan mencetak “Dari server : salam juga” . Perhatikan output di bawah ini :
    Output pada Client :
    simpleClient
    Ouput pada Server :
    simpleServer
  5. Tetapi jika pada Client kata kunci yang dimasukkan tidak sesuati dengan yang telah ditetapkan pada program, maka berikut ini adalah perbedaannya :
    Output pada Client :
    simpleClient2
    Output pada Server :
    simpleServer2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s