Proxy Server

proxydiagram

Pengertian Proxy Server 

Pengertian server adalah perangkat dengan serangkaian program atau protokol yang menyediakan berbagai jenis layanan untuk program komputer lain dan program untuk server itu sendiri dan lainnya. Mesin yang menjalankan program server juga sering disebut sebagai server (meskipun dapat digunakan untuk tujuan lain juga). Sedangkan pengertian proxy adalah server yang menyediakan suatu layanan untuk meneruskan setiap permintaan user kepada server lain yang terdapat di internet. Jadi, pengertian proxy server adalah server yang diletakkan antara suatu aplikasi client dan aplikasi server yang dihubungi. Aplikasi client dapat berupa browser web, client FTP, dan sebagainya. Sedangkan aplikasi server dapat berupa server web, server FTP dan sebagainya.

Cara Kerja Proxy server

Prinsip kerja proxy server sangat sederhana, yaitu saat pengguna menggunakan layanan suatu proxy, lalu meminta file atau data yang terdapat di public server (internet) maka proxy akan meneruskannya ke internet, jadi seolah-olah proxy tersebut yang memintanya. Dan saat proxy server telah mendapatkan apa yang diminta oleh pengguna, proxy akan memberikan respon kepada pengguna, jadi seolah-olah dialah public server-nya.

Fungsi Proxy Server

Proxy Server merupakan pihak ketiga yang menjadi perantara antara jaringan lokal dan jaringan internet agak dapat saling berhubungan. Secara prinsip pihak pertama dan pihak kedua tidak langsung berhubungan, akan tetapi masing-masing berhubungan degan pihak ketiga yaitu proxy.

Proxy Server mempunyai 3 fungsi utama, yaitu :

  • Connection Sharing
  • Filtering
  • Caching

Jenis Proxy Server

Adapun jenis-jenis server proxy adalah:

  • Transparent Proxy Server
    Jenis proxy server ini membuat alamat IP asli yang dapat diakses melalui header http, dan memiliki kemampuan untuk cache website tanpa mempengaruhi anonimitas orang-orang yang menggunakannya. Transparent proxy server tidak menyembunyikan alamat IP,  dan menyediakan siapa pun dengan alamat IP yang nyata dan tidak menyembunyikan informasi tentang Anda dan kepentingan membaca Anda. Transparent proxy server yang dapat digunakan untuk semua jenis layanan Web hanya untuk mempercepat transfer data.
  • Anonymous Proxy
     jenis server proxy ini  menyembunyikan alamat IP dan dengan demikian mencegah dari akses tidak sah ke komputer Anda melalui Internet. Mereka tidak memberikan siapa pun dengan alamat IP dan efektif menyembunyikan informasi tentang Anda dan kepentingan membaca Anda. Selain itu, mereka tidak bahkan biarkan orang tahu bahwa Anda berselancar melalui proxy server.
  • Distorting Proxy
    Jenis  server proxy yang menciptakan alamat IP yang menyimpang dari aslinya, dapat diakses melalui http header. Distorsi proxy server dapat digunakan untuk semua jenis layanan Web untuk mempercepat transfer data dan untuk menjaga privasi Anda. Tetapi secara spesifik memberitahu target server bahwa Anda menggunakan proxy server.
  • High Anonymity Proxy
    Jenis proxy server tidak membedakan dirinya sebagai proxy server dan tidak membuat alamat IP asli, dapat diakses melalui http header.

 

Referensi :

http://www.pengertianku.net/2015/06/pengertian-proxy-dan-fungsinya-serta-cara-kerjanya.html

http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Konsep_Proxy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s